SMPN 12 Kota Cirebon Gelar Panen Karya Hasil Belajar Siswa, Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

SMPN 12 Kota Cirebon Gelar Panen Karya Hasil Belajar Siswa, Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

SMPN 12 Kota Cirebon menggelar Panen Karya Hasil Belajar untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, HARJAMUKTI - Sebagai salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada tahun ajaran 2022/2023, SMPN 12 Kota Cirebon menggelar Panen Karya Hasil Belajar untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan berlangsung di halaman sekolah SMPN 12 Kota Cirebon, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Harjamukti, kamis (20/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini SSos beserta Kepala Bidang Pengelolaan Pendidikan Dasar, Surip. Lalu hadir juga pengawas sekolah beserta perwakilan kepala sekolah SD dan SMP di Kota Cirebon.

Kepala SMPN 12 Kota Cirebon, Hj Iis Nuraeni SPd MPdi mengatakan bahwa, Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Untuk projek yang pertama, pihaknya mengambil projek Gaya Hidup Berkelanjutan dengan tema Peduli Sampah Lindungi Bumi.

Pembelajaran proyek sendiri, kata Iis telah berlangsung selama 3 bulan. Siswa diberikan penguatan pemahaman terhadap isu isu lingkungan dan juga gaya hidup berkelanjutan.

BACA JUGA:Doa Hari Santri 2022, Contoh yang Dibaca saat Rangkaian Upacara

“Jadi salah satu tujuan dari projek ini adalah untuk mengasah karakter siswa, terutama hubungannya dengan gaya hidup mereka sehari hari. Bagaimana mereka memilah dan mendaur ulang sampah dan bagaimana kita peduli terhadap lingkungan sekitar,” ungkap Iis kepada Radar Cirebon.

Implemetasi dari projek tersebut adalah hasil karya siswa berupa pentas seni, video ampaign hingga karya seni dari bahan daur ulang. Adapun pentas seni yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut antara lain, kreasi tari, kabaret dan pidato.

Kemudian ada juga peragaan busana hasil daur ulang produk produk seperti plastik kemasan bekas, koran bekas, kertas bekas dan sebagainya. Kemudian ada juga tas, kotak tisu, hiasan dinding yang semunya berasal dari bahan daur ulang. Selain itu, ada juga Bazaar produk produk makanan sehat dan ramah lingkungan.

Iis mengatakan bahwa pihak sekolah sangat mengapresiasi hasil kolaborasi antara siswa dan para guru dalam mewujudkan hasil karya belajar mereka selama ini. Selain itu, dirinya juga mengapresasi komite sekolah dan juga orang tua siswa yang telah memberikan dukungan untuk terselenggaranya kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Doa Ketika Stress dan Gelisah, Hati Resah, dan Merasa Tertekan, Silakan Dibaca, Insya Allah

“Selain menggelar Panen Karya Hasil Belajar, hari ini juga kami sekaligus melakukan pembukaan proyek kedua. Proyek keduanya kami pilih tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, yang mana topik kegiatannya tentang peduli Stop Perundungan atau Bullying,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kegiatan terus terus mendapatkan dukungan, baik dari siswa dan guru. Kemudian dari Dinas Pendidikan, orang tua dan masyarakat juga terus mendukung untuk kegiatan pembangunan karakter melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tersebut.

“Karena kami merasakan sangat berubah, baik dari sisi siswa maupun dari sisi guru dan sekolah. Banyak manfaat dan kebaikan yang dirasakan digelarnya projek projek ini,” pungkasnya.

BACA JUGA:Daftar Obat yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Konsumsi Sembarangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: