Civitas Akademika IAI BBC Gelar Upacara HSN

Civitas Akademika IAI BBC Gelar Upacara HSN

Civitas Akademika IAI BBC Gelar Upacara HSN dan doa bersama.-Nur Via Pahlawati-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Civitas akademika Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC) seacara khidmat menyelenggarakan upacara, dan doa bersama peringatan hari santri nasional (HSN) 2022 yang berlangsung di halaman Kampus IAI BBC, Sabtu (22/10).

Pembina upacara, Dr Muhammadun MSi menyampaikan, peringatan HSN 2022 bertemakan ‘santri berdaya menjaga martabat kemanusiaan’. Menurutnya, momentum peringatan HSN jangan hanya dijadikan ajang seremoni tetapi juga sarana bertafakur dan tasyakur.

“Perjuangan, Jihad para ulama harus kita tauladani. Semoga dengan semangat peringatan ini, tenaga pikiran, raga dan nyawa para ulama dalam memerjuangkan bangsa Indonesia terus kita teladani. Selain tafakur, kita juga harus tasyakur atau bersyukur atas perjuangan para ulama dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia,”ujar Muhammadun dalam sambutannya.

Menurutnya, penetapan Hari Santri tak lepas dari perjuangan santri untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Melansir dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), lahirnya Hari Santri bermula dari fatwa yang disampaikan Pahlawan Nasional KH Haysim Asy’ari.

BACA JUGA:Kapolri: Dilarang Tilang Manual, Polresta Cirebon Sudah 1 Bulan Tidak Melakukan Penilangan

BACA JUGA:5 Daftar Obat yang Dilarang BPOM, Polresta Cirebon Temukan 4 Jenis di Wilayah Arjawinangun sampai Ciledug

Bermula dari perlawanan terhadap penjajah, ada peran ulama dan para santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Santri dan pesantren tak lepas berjuang demi membela kemerdekaan Indonesia. Lantaran jasa dan perjuangannya di masa lalu, pemerintah akhirnya menetapkan Hari Santri untuk diperingati setiap tahunnya.

Hari Santri 2022 sendiri adalah salah satu peringatan hari besar yang diperingati setiap tanggal 22 oktober. Peringatannya dimeriahkan setiap tahun dengan tema berbeda-beda yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemenag. Untuk tahun ini, Hari Santri 2022 mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.”

Tema tersebut bermakna santri sebagai pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.  “Tema tahun ini menunjukkan bahwa santri bisa menjadi apa saja dengan segala kemampuannya. Dalam artian, santri tidak melulu lekat dengan ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Saya harap para mahasiswa dan alumnus IAI BBC agar terus bisa menelaudani para ulama agar terus berjuangan untuk kemajuan bangsa Indonesia,”sambung Rektor IAI BBC, Dr KH Oman Fathurohman MA.

BACA JUGA:Daftar 91 Obat yang Pernah Dikonsunsi Pasien Gagal Ginjal Akut, Duh Banyak yang Sering Dipakai Masyarakat

BACA JUGA:SMPN 12 Kota Cirebon Gelar Panen Karya Hasil Belajar Siswa, Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: