Desa Paling Maju di Kabupaten Majalengka, Dapat Hadiah Mobil Keren dari Ridwan Kamil

Desa Paling Maju di Kabupaten Majalengka, Dapat Hadiah Mobil Keren dari Ridwan Kamil

Wisata Majalengka yang lagi viral dan menjadi rekomendasi tujuan untuk liburan akhir tahun.-Ist-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Berikut ini, adalah daftar 7 desa paling maju di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sehingga mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Daftar desa paling maju mengacu pada penilaian Desa Mandiri dari Provinsi Jawa Barat dan ada 7 dari Kabupaten Majalengka. Bahkan ada yang lokasinya di pelosok.

Diantara 7 desa paling maju atau desa mandiri di Majalengka itu, beberapa diantaranya berasal dari wilayah selatan. Kemudian memiliki komoditas utama pertanian.

Karena masuk dalam kategori desa mandiri, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan hadiah berupa Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara).

BACA JUGA:Tinjau Korban Gempa di Cianjur, Atalia Ajak Komunitas Bantu Penyediaan Air Bersih

BACA JUGA:Jam Segini Masih Susah Tidur, Bisa Jadi Inilah Salahsatu Penyebabnya

Mobil tersebut diberikan kepada Desa Talaga Wetan, Desa Maja Selatan, Desa Kumbung, Desa Pagandon, Desa Tarikolot, Desa Bantaragung dan Desa Malausma.

Pemberian hadiah Mobil Maskara tersebut dilakukan di tahun 2019. Kang Emil berharap, mobil tersebut bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Misalnya untuk menyaksikan pertandingan sepakbola, hiburan bagi warga desa dan banyak hal lainnya. Sehingga masyarakat bisa lebih bahagia dan terhibur.

Kang Emil pada kesempatan itu menyatakan, desa mandiri klasikasinya berdasarkan indikator dari kementerian. Misalnya, ekonomi maju, pelayanan publik baik dan kualitas kepemimpinannya.

BACA JUGA:Jasa Raharja Santuni Keluarga Polisi Korban Kecelakaan

BACA JUGA:Pemprov Jabar Kembali Salurkan Bantuan Logistik untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur dan Relawan

Berikut adalah Daftar 7 Desa Paling Maju atau Mandiri di Majalengka:

1. Desa Bantaragung

Bantaragung berada di Kecamatan Sindangwangi, dengan luas wilayah 392, 29 ha. dengan jumlah penduduk yakni 3.878 jiwa.

Berdasarkan kondisi geografis, Bantaragung masih memiliki lahan yang hijau, sehingga desa ini sangat berpotensi di bidang usaha pertanian dan pengembangan wisata alam.

Selain masuk dalam penilaian desa mandiri, pada tahun 2021 lalu, desa ini termasuk ke dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.

BACA JUGA:6 Sindikat Narkoba Berhasil Diamankan Satreskoba Polres Cirebon Kota

2. Desa Malausma

Desa Malausma hanya terdiri dari 6 blok, dengan jumlah penduduk 6.407 jiwa. Mayoritas bermata pencaharian sebagai Petani, karena sebagian besar desa ini dipenuhi dengan lahan pesawahan.

3. Desa Maja Selatan

Desa ini memiliki penduduk terbanyak di Kecamatan Maja, dengan jumlah 6.258 jiwa, berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

Maja Selatan dikenal dengan Wisata Religi Makam Dalem Lumaju Agung, yang masih ada kaitannya dengan Kerajaan Talaga Manggung.

BACA JUGA:3 Desa Paling Maju di Majalengka, Salah satunya Punya Potensi Pertanian dan Perkebunan

4. Desa Kumbung

Desa Kumbung terletak di Kecamatan Rajagaluh. Desa ini memiliki 2 blok atau dusun. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2020, Desa Kumbung memiliki 4.677 jiwa penduduk.

Mayoritas penduduk Desa Kumbung bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang, karena 60 persen wilayah desa ini yakni petanian dan perkebunan.

5. Desa Pagandon

Desa Pagandon berada di Kecamatan Kadipaten, Desa ini merupakan hasil dari pemekaran Desa Karang Sambung pada tahun 1982.

Pagandon memiliki 5.170 jiwa yang tersebar di 3 blok atau dusun, dengan  luas wilayah sekitar 300,272 hektare. 

BACA JUGA:Dialog Antar Agama Indonesia-Austria Digelar di Cirebon

BACA JUGA:Bangga! Siswa SMA Negeri 1 Sumber Masuk Timnas Pelajar Indonesia U-17

6. Desa Tarikolot

Desa termaju selanjutnya yaitu Tarikolot yang terletak di Kecamatan Palasah. Berdasarkan Sensus 2020 terdapat 4.878 jiwa penduduk. Dengan persebaran 2.460 jiwa laki-laki dan 2.418 perempuan.

Penduduk Desa Tarikolot mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani, perkebunan dan pedagang juga di sektor lainnya.

7. Desa Talaga Wetan

Desa Talaga Wetan merupakan salah satu desa yang berada di kawasan potensial, atau lebih tepatnya di Kecamatan Talaga.

Desa ini memiliki 6.001 jiwa penduduk, berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2020. Yang tersebar di 5 dusun.

BACA JUGA:Ormas Garis Klarifikasi Insiden Pencopotan Label Tenda Bantuan Milik Gereja: Bukan Agenda Kami

BACA JUGA:Relawan dan Tenaga Medis RAID Tarik Diri dari Lokasi Bencana Gempa Cianjur, Begini Alasannya

Sebagai informasi, 5 dusun itu terdiri dari dusun Cipeucang I, dusun Cipeucang II, dusun Pajawan - Kadawung, dusun Karanganyar - Kamoja dan dusun Calingcing - Astana.

Demikian informasi mengenai 7 desa paling maju di Kabupaten Majalengka, sebagai bentuk apresiasi kepada 7 desa mandiri sejak tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: