Ingin Berat Badan Bertambah? Berikut Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Ingin Berat Badan Bertambah? Berikut Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Ingin Berat Badan Bertambah? Berikut Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat-screenshot-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM- Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.

Berikut adalah tips dari kami untuk kalian yang ingin menambah berat badan kalian. Yuk, simak informasinya, Lets Check It Out!

Ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga ingin memperbaiki penampilan. Menambah berat badan memang susah-susah gampang tetapi semua itu tergantung akan niat diri sendiri dan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Jika kamu termasuk salah satu dari orang yang memiliki tubuh kurus dan kesulitan menambah berat badan, yuk, simak cara menambah berat badan untuk mencapai berat badan ideal secara alami dan sehat!

BACA JUGA:Daftar Obat Sakit Kepala yang Efektif dan Bisa Kamu Temui di Apotik

1. Konsumsi Camilan Sehat

Dengan dianjurkan makan lebih sering bukan berarti kamu harus makan nasi dan lauknya lima kali atau lebih dalam sehari. Itu merupakan hal yang salah. Kamu bisa menyediakan cemilan sehat seperti buah-buahan disaat sela istirahat dari aktivitas keseharianmu.

Kamu juga bisa pilih makanan lain yang tinggi nutrisi, seperti kacang kedelai. Namun alangkah baiknya jika kamu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak untuk mengurangi kadar kolesterol.

2. Konsumsi Makanan Sehat Yang Bernutrisi

Pilihlah makanan sehat yang kaya akan nutrisi untuk menambah berat badan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, kamu tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

BACA JUGA:5 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami dengan Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah

3. Minum Susu

Cara menambah berat badan secara alami salah satunya juga bisa dengan meminum susu. Jika tidak terbiasa minum susu, cobalah konsumsi susu dari rasa favorit yang kamu suka. Jangan lupa juga biasakan melakukan hal tersebut setelah bangun tidur dan jangan lupa untuk selalu membawanya saat beraktivitas. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi olahan susu seperti yogurt, puding, dan es krim. Jika tak ingin mengonsumsinya sebagai camilan, kamu bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang atau sarapan.

4. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Jangan pernah menganggap bahwa sarapan pagi tidak penting ya, karena hal ini wajib bagi tubuh dan kesehatan kita. Selain bisa membuatmu gemuk secara alami, sarapan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulailah dengan sarapan lezat dan sehat.

Misalnya, sarapan dengan satu atau dua potong roti gandum panggang dengan selai kacang alami yang padat kalori serta tinggi lemak dan protein atau bisa juga dengan satu butir telur rebus dengan segelas susu juga bisa menjadi cara menaikkan berat badan yang baik.

Pilihlah segelas susu murni untuk tambahan protein, kalsium, dan vitamin D. Hindari jus tinggi gula atau soda. Minuman tinggi gula tambahan malah akan meningkatkan risiko penyakit kronis.

BACA JUGA:5 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Sembelit

5. Penuhi Asupan Karbohidrat dan Lemak

Bagi sebagian orang yang mencoba menurunkan berat badan biasanya akan membatasi asupan karbohidrat atau lemak. Namun, pilihan ini tidak berlaku bagi kamu yang ingin menambah berat badan.

Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi lemak dapat membantu menambah berat badan kamu secara alami. Dengan begitu kamu akan dengan mudah mendapatkan kalori yang cukup untuk menambah berat badan.

Pastikan penuhi asupan karbohidrat dan lemak kamu dengan makan setidaknya tiga kali sehari dan tambahkan camilan padat energi sebagai asupan pendukung.

6. Rajinlah Olahraga

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal juga perlu didukung dengan olahraga yang cukup. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan kelebihan kalori akan masuk ke otot dan bukan ke sel lemak.

Kamu bisa pergi ke gym untuk olahraga 2-4 kali seminggu. Jika kamu masih pemula, kamu bisa berolahraga di rumah. Mulailah berolahraga dengan volume yang ringan dan bisa menambahkan volumenya seiring waktu.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis dari Pemerintah Sebesar Rp 700 Ribu, Ada Syaratnya!

7. Jangan Begadang

Salah satu faktor sulitnya berat badan bertambah adalah begadang. Kualitas tidur yang baik saat malam adalah faktor kunci untuk mendapatkan berat tubuh yang diinginkan dengan cara sehat dan benar.

Tubuhmu membutuhkan waktu tidur yang cukup setelah berolahraga. Saat tidur, sel otot yang rusak akan memperbaiki diri dan tubuhmu mempersiapkan diri untuk aktivitas olahraga di keesokan harinya.

Selain itu, terjadi perkembangan hormon ketika tidur. Hormon-hormon itulah yang membantu menambah massa otot.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kami sajikan mengenai cara menambah berat badan secara alami dan sehat, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: