Bukan Hanya Pemandangan Indah, Ada 3 Tempat di Tol Cisumdawu Tak Boleh Dilupakan

Bukan Hanya Pemandangan Indah, Ada 3 Tempat di Tol Cisumdawu Tak Boleh Dilupakan

Terdapat sejumlah tempat dan pemandangan yang indah di Tol Cisumdawu.-Ist-radarcirebon.com

PT CKJT akan membangun 2 sekaligus yakni di Jalur A dan B. Namun, rest area tersebut akan terkoneksi dengan jembatan penyeberangan orang atau skyway.

BACA JUGA:HEBOH Pemilik Rumah Mewah Dekat Kuburan di Kuningan, Ongkos Pembangunan Tembus Rp5 Miliar, BerikutIni Usahanya

2. Twin Tunnel

Tol Cisumdawu adalah satu-satunya Jalan Tol di Jawa Barat yang memiliki terowongan kembar atau twin tunnel.

Twin Tunnel Tol Cisumdawu menjadi ikon dari tol ini. Pada Juni 2014, gagasan membangun terowongan kembar di proyek Tol Cisumdawu hanya salah satu opsi yang akan dipilih. 

Ada opsi lain selain membangun terowongan. Kala itu opsinya memindahkan trase sisi Tanjungsari dan sisi Sumedang untuk menghindari risiko 'menabrak' gunung agar tak ada terowongan. 

Namun kala itu opsi ini tak jadi pilihan karena akan banyak mengubah trase lahan tol yang sudah dibebaskan. Setelah dievaluasi akhirnya dipilih opsi untuk membelah perut gunung. Yang lebih pendek untuk dibangun terowongan sepanjang 471 meter.



BACA JUGA:VIRAL! Rumah Mewah Dekat Kuburan di Kuningan, Dibangun Dengan Uang Miliaran Hasil Bisnis Online

3. Jembatan Kedondong

Jembatan Kedondong berada di Seksi 5B Conggeang - Ujung Jaya, di Jalan Tol Cisubdawu. Jembatan ini memiliki panjang 744 meter. Jembatan Kedondong saat ini menjadi yang terpanjang di jalan tol tersebut.

Menariknya, jembatan ini berdiri bukan di atas bentangan daerah aliran sungai. Tetapi, pembangunan jembatan ini dilakukan di atas struktur tanah yang labil.

Karenanya, di bagian tersebut kemudian dibangun jembatan. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan dibangun jalan secara langsung di atasnya.

Berdasarkan spesifikasi teknis, panjang Jembatan Kedondong menacapai 744 meter itu, berada di  antara STA 48+885 sampai ke STA 47+729.

BACA JUGA:Pedagang Ayam di Cirebon Diminta Kompak Libur, Bakal Ada Sweeping di Tol untuk yang Nekat kirim

Bangunan ini, ditopang dengan pier head yang memiliki lebar 34,1 meter dan sekaligus menjadi penyangga dari balok girder untuk lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: