Selamat! Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Borong Penghargaan VSGA Kemenkominfo

Selamat! Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Borong Penghargaan VSGA Kemenkominfo

TERBAIK : Tiga Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon terpilih menjadi peserta terbaik dalam program Digital Talent Scholarship pada program Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo. Sabtu (28/7/2023)-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - STMIK IKMI Cirebon kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Melalui program Digital Talent Scholarship pada program  Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo, mahasiswa STMIK IKMI Cirebon yang ambil bagian dalam program tersebut, diumumkan sebagai peserta terbaik.

Hebatnya, predikat peserta terbaik itu disematkan pada tiga mahasiswa STMIK IKMI Cirebon sekaligus. Ketiganya adalah Muhammad Jonatan Febrian, Siti Nur Rismanah dan Zahra Alfirda Sofyan, yang menjadi peserta pelatihan Junior Web Developer (JWD).

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik Riset dan Inovasi STMIK IKMI Cirebon, Dian Ade Kurnia MKom menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan yang diraih oleh ketiga mahasiswa tersebut. Hal ini juga semakin mengukuhkan STMIK IKMI Cirebon sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi terkini.

"Semoga ahasiswa STMIK IKMI Cirebon menjadi agen perubahan dalam menghadapi era teknologi digital ke depan, " Ungkapnya.

BACA JUGA:Warga Bandung pun Curhat: Tidak Tertarik ke Bandara Kertajati, Bandara Internasional Kok di Desa?

BACA JUGA:Kampung Wisata Terbaru di Kuningan, Belum Dibuka Tapi Sudah Viral, Lokasinya Ada di Ketinggian

Untuk diketahui, program VSGA sendiri diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah dan mitra perguruan tinggi di Indonesia. Program VSGA bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin digital melalui pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai mitra strategis Kemenkominfo, kata Dian STMIK IKMI Cirebon, menyelenggarakan pelatihan melalui skema VSGA untuk Junior Web Developer  (JWD) dan Junior Network Administration (JNA). Skema ini mencakup pelatihan dan sertifikasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan jurusan masing-masing.

"Terdapat 250 mahasiswa STMIK IKMI Cirebon yang mengikuti program VSGA tahun ini. Dari jumlah tersebut, 210 mahasiswa mengikuti pelatihan JWD dan 40 mahasiswa mengikuti pelatihan JNA, " Jelasnya.

Pelaksanaan program VSGA dilaksanakan secara daring. Program ini digelar selama 1 bulan, dimulai pada bulan tanggal 19 Juni 2023 dan berakhir pada tanggal 29 Juli 2023 lalu. Proses pelatihan pada program VSGA, sendiri terdiri dari pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

BACA JUGA:DLH Jabar Terus Upayakan Penanganan Air Lindi di Sarimukti

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Ternyata Solusi untuk Banyak Masalah Termasuk BIJB Kertajati

"Melalui program VSGA, mahasiswa STMIK IKMI Cirebon dilatih oleh para pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya masing-masing khususnya JWD dan JNA, " Dian menegaskan.

Selama 1 bulan itu, para peserta dilatih secara intensif dengan diberikan materi baik melalui teleconference maupun Learning Management System (LMS). Pada pelatihan itu pula, para peserta diberikan kebebasan untuk membuat proyeknya masing-masing serta berdiskusi dengan para pengajar.

Setelah menyelesaikan pelatihan tersebut, peserta akan diikutsertakan dalam ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pihak ke 3 dari BNSP.

"Ujian kompetensi sendiri hanya diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kehadiran minimal 80% tingkat kehadiran dan memperoleh minimal 70, " Ungkapnya. (awr/opl)

BACA JUGA:BANGGA! Kick Boxing Kota Cirebon Raih 4 Emas di Kejurprov Jabar 2023

BACA JUGA:3 Perkutut Katuranggan Penangkal Ilmu Hitam, Awas Jangan Tertipu dengan Perkutut Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: