Selain Melapor, Kuasa Hukum Finalis Miss Universe Indonesia juga Bawa Barang Bukti

Selain Melapor, Kuasa Hukum Finalis Miss Universe Indonesia juga Bawa Barang Bukti

Kuasa hukum Finalis ajang Miss Universe Indonesia 2023 berinisial N, Mellisa Anggraini ditemani provincial director mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan pelecehan seksual saat sesisesi pengecekan tubuh atau body checking yang diduga difoto -PMJ News-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Salah satu finalis ajang Miss Universe Indonesia 2023 melapor ke Polda Metro Jaya, Senin 7 Agustus 2023, terkait adanya dugaan pelecehan seksual saat sesisesi pengecekan tubuh atau body checking yang diduga difoto tanpa busana.

Finalis ajang Miss Universe Indonesia 2023 berinisial N melapor ke Polda Metro Jaya tidak sendiri. Dia ditemani oleh kuasa hukumnya Mellisa Anggraini.

"Bahwa pada 1 Agustus sudah terjadi peristiwa yang telah dibenarkan klien kami," ujar Mellisa kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

"Dimana mereka tanpa sepengetahuan, atau diberita tahu tanpa adanya akses informasi, tidak ada di dalam rundown, bahkan provincial director tidak diberitahu akan diberikan body checking," sambungnya.

BACA JUGA:Inilah Klarifikasi National Miss Universe Indonesia Terkait Adanya Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Polisi

Adapun dalam laporan tersebut sudah diterima dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA tertanggal 7 Agustus 2023 dengan terlapor yakni pihak dari PT Capella Swastika Karya dengan penyertaan Pasal 4, 5 dan Pasal 6 Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS), serta Pasal 14 dan Pasal 15 UU TPKS.

"Kami akhirnya melaporkan perbuatan dugaan adanya pelecehan yang dilakukan terhadap klien kami," ucapnya.

"Alhamdulillah, sudah diterima laporan kami di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) tadi terkait dengan adanya dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual," tambahnya.

Lebih lanjut, Mellisa menambahkan dalam laporan tersebut pihaknya turut menyertakan sejumlah barang bukti yang dibawa.

BACA JUGA:10 Trik Trading Crypto Agar Untung

"Terkait bukti-bukti tentu ada dokumen surat ya, kemudian ada foto dan video. Kami juga cukup terkaget-kaget ya ketika melihat foto foto yang diambil oleh mereka, dan terlebih lagi setelah dilakukan body checking diambil gambar dan ada laki-laki," pungkasnya.

Sebelumnya, National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovany angkat bicara.

Melalui akun media sosial Instagramnya, Sally yang mengunggah Stories berisi tangkapan layar percakapan WhatsApp antara dirinya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa, mengatakan apabila dugaan itu benar terjadi, berarti telah menyalahi aturan dan melanggar hukum.

Yang paling ditakutkan oleh Sally adalah jika foto tanpa busana para peserta kecantikan itu, disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Bagikan Pengalaman Asyiknya Kerja di BUMN, PT PP Goes to UNPAR

“Selamat sore, saya dapat kabar anak2 body check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana? Kami Jabar juga ada body check tapi tidak foto mereka," demikian yang tertulis dalam tangkapan layar unggahan Instagram Stories Sally Giovanny, dikutip pada Senin 7 Agustus 2023.

Rizky Ananda Musa lantas mengunggah ulang Instagram Stories Sally. Rizky menegaskan bahwa dia dan timnya sudah melakukan pemeriksaan tubuh peserta Miss Universe Indonesia dengan benar.

 “Ini body check Jabar menggunakan gambar tidak difoto telanjang di depan laki-laki juga," kata Rizky Ananda Musa.

Rizky mengungkapkan alasan dirinya berani buka-bukaan terkait skandal di kontes Miss Universe Indonesia tersebut. Dia mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk keadilan.

BACA JUGA:Untung Ketemu Sosok Ini, Dafi Pendaki Remaja Asal Kuningan Akhirnya Pulang dengan Selamat

"Kenapa saya dan Sally Giovany lantang bicara karena kami menegakkan keadilan," katanya.

Rizky melanjutkan, dirinya dan Sally tidak takut untuk menguak kebenaran di balik Miss Universe Indonesia 2023. Dia tidak ingin ada korban lagi di masa mendatang.

"Biar tidak ada korban berikutnya berjatuhan. Kenapa kami lantang bersuara karena kami tidak takut dan punya power masing-masing," kata pengusaha kosmetik asal Kota Bandung ini.

Rizky pun memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat. Begitu juga dengan Sally yang mundur dari National Director Miss Universe Indonesia Bali.

Tak cuma mereka, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang dan Direktur Visual Rio Motret juga mundur. Keduanya mengabarkan itu melalui Instagram.

BACA JUGA:Heboh, Miss Universe Indonesia Diduga Disuruh Foto Telanjang saat Body Check, Korban Lapor Polisi

BACA JUGA:BRI Imbau Nasabah Lakukan Aktivasi NIK Jadi NPWP Sebelum 31 Desember 2023

Eldwen Wang atau lebih dikenal sebagai Wang Jin-Seok mengumumkan dirinya melepaskan jabatannya tersebut karena ingin fokus pada karier dan pekerjaan sebelumya di kota kelahirannya, Surabaya. Sedangkan Rio Motret mundur karena ingin fokus pada pekerjaan selanjutnya.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya.”

“Saya meminta maaf seiring perjalanan waktu saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahiran saya," tulisnya Eldwen Wang di akun Instagramnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase