Jalan Tol Kuningan Jawa Barat Bukan Mimpi, Terhubung sampai ke Tol Getaci, Masuk Perencanaan

Jalan Tol Kuningan Jawa Barat Bukan Mimpi, Terhubung sampai ke Tol Getaci, Masuk Perencanaan

Jalan Tol Kuningan Jawa Barat sudah masuk dalam perencanaan baik RTRW maupun kajian di Kementerian PUPR.-Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Rest Area Jalan Tol Cisumdawu Butuh Duit Rp 750 Miliar, Jusuf Hamka Tagih Utang ke Pemerintah

Apalagi, pembangunan Jalan Tol Kuningan sudah masuk dalam RTRW Provinsi Jawa Barat. Yang artinya sudah masuk dalam perencanaan pemerintah.

Manfaat lain dari keberadaan Tol Kuningan adalah dukungan akses ke Bandara Kertajati. Sebab, dari Kuningan saat ini masih harus memutar.

Dengan adanya akses ini, tentu akan terhubung satu sama lain baik ke Cipali maupun ke Cisumdawu.

Seperti diketahui, bila mengacu pada perencanaan, masyarakat masih harus bersabar karena pembangunan baru akan dilaksanakan 12 tahun mendatang.

BACA JUGA:Jalan Tol Kuningan Sudah Masuk RTRW, Ada Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Rencana pembangunan tol ini sudah dirancang pemerintah pusat. Selain itu, ada juga perencanaan untuk pembangunan Jalan Tol Kuningan - Cipali.

Ini merupakan akses khusus atau exit tol ke Kabupaten Kuningan dan direncanakan dimulai pembangunannya di tahun 2030.

Artinya, ada 2 proyek jalan tol yang sedang dikaji oleh Kementerian PUPR.

Adapun daerah yang dilewati untuk Jalan Tol Kuningan adalah Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka hingga ke wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

BACA JUGA:Jalan Tol Kuningan Melewati Lereng Gunung Ciremai, Bupati Acep Mengaku Khawatir, Semoga Saja

Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga pada DPUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menjelaskan, pembangunan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Kuningan sudah dalam agenda Kementrian PUTR.

"Desainnya sudah ada, dan dalam kajian Kementrian PUPR. Jalan tol ini cukup panjang dan dibangun sepanjang lereng Gunung Ciremai. Jika terlaksana, tentu akan ada pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan," terang Teddy kepada radarkuningan.com.

Menurut Teddy, untuk exit tol di wilayah Kuningan kemungkinan ada dua yang dibangun. Yakni di sekitar Linggarjati dan Cigadung.

"Untuk yang Linggarjati diperuntukkan bagi yang ingin rekreasi di wilayah Kuningan utara. Sedangkan exit tol Cigadung menuju pusat pemerintahan Kuningan," ujar Teddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: