Wisata Favorit di Ciwidey, Cocok untuk Travelers yang Hobi Berwisata!

Wisata Favorit di Ciwidey, Cocok untuk Travelers yang Hobi Berwisata!

Ranca Upas-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Untuk kamu seorang travelers yang telah merencanakan bepergian ke Bandung Jawa Barat, tidak lengkap rasanya jika kamu belum mengetahui wisata favorit yang ada disana, salah satunya adalah di kawasan Ciwidey, berikut ulasan lengkapnya.

Selain dari Lembang, menjelajahi Bandung yang terkenal dengan julukan Kota Kembang ini tidak dapat dianggap lengkap tanpa mengunjungi kawasan Ciwidey.

Ciwidey terletak di selatan Bandung atau lebih tepatnya di Kabupaten Bandung. Ciwidey terkenal bukan hanya sebagai area pertanian dan perkebunan sebagai ikon utamanya, tetapi juga sebagai tempat yang menyimpan berbagai objek wisata menarik yang cocok untuk dinikmati bersama siapapun.

Ciwidey menawarkan pemandangan alam yang memukau, destinasi wisata di Ciwidey menjadi favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke ibu kota Jawa Barat tersebut.

BACA JUGA:Hewan yang Bisa Dipelihara di Dalam Kamar, Ampuh Untuk Menghilangkan Stres!

BACA JUGA:Bukan Jepang, Suporter Indonesia Kobarkan Gerakan Datang Bersih Pulang Bersih

Kawasan ini memiliki udara sejuk yang menyegarkan sehingga cocok untuk kamu kunjungi dan dijadikan tempat berwisata.

Diketahui bahwa Ciwidey memiliki banyak pilihan destinasi yang lengkap dan layak dikunjungi, tentunya tidak hanya menawarkan keseruan tetapi juga dilengkapi dengan spot-spot yang sangat cocok untuk berfoto.

Berikut ini adalah beberapa wisata favorit di Ciwidey yang sering dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara:

1. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata di Ciwidey yang sangat diminati. Lokasi wisata ini terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha ribuan tahun yang lalu, meskipun telah berlangsung begitu lama, aktivitas di Wisata Kawah Putih masih cukup aktif, yang menyebabkan aroma belerang tetap kuat tercium di sekitar kawasan Ciwidey ini.

BACA JUGA:STEI Al-Ishlah Gelar Wisuda Sarjana

BACA JUGA:Sudah Layani 17.000 Penumpang, Dirut BIJB: Awal Baik bagi Bandara Kertajati

Nama "Kawah Putih" diberikan karena warna tanahnya yang berwarna putih, dan daya tarik lainnya adalah perubahan warna danau yang dapat berubah-ubah.

Pada tahun 1987, pemerintah setempat memulai promosi Kawah Putih sebagai tempat wisata, dan sejak saat itu, tempat ini menjadi tujuan populer bagi pengunjung wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahannya.

Biaya tiket masuk untuk pengunjung adalah Rp 20.000 per orang, dan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Untuk akses menuju ke lokasi ini dapat dilakukan dengan keluar dari Tol Kopo menuju Sayati, kemudian ke Soreang, dan selanjutnya ke Ciwidey, diikuti dengan rute menuju Kawah Putih. Alternatifnya, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum yang tersedia untuk mencapai tempat tersebut.

BACA JUGA:Resort Terbaik di Ciwidey untuk Liburan Keluarga Semakin Menyenangkan!

BACA JUGA:Melihat Bendungan Cipanas, Sumber Air untuk Kawasan Rebana Metropolitan

2. Situ Patenggang

Salah satu destinasi tujuan berwisata di Ciwidey adalah Situ Patenggang. Wisata ini terletak di kawasan objek wisata alam Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Situ Patenggang telah lama menjadi destinasi wisata favorit di Ciwidey, untuk fasilitas yang disediakan di Wisata Situ Patenggang dianggap cukup lengkap.

Penting untuk diingat bahwa gerbang masuk Situ Patenggang berbeda dengan gerbang masuk Rancabali, meskipun kedua destinasi ini terletak dekat satu sama lain.

Oleh karena itu, memungkinkan pengunjung untuk menikmati kedua destinasi sekaligus jika diinginkan.

BACA JUGA:Kosgoro Peringati HUT ke 66
 
Wisatawan dapat menikmati keindahan panorama dengan kesejukan khas pegunungan serta kehijauan perkebunan daun teh yang tersebar di sekitar Situ Patenggang.

Wisata ini terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, lokasi ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga memiliki cerita rakyat yang legendaris.

Mitos mengatakan bahwa mengelilingi Pulau Asmara akan membawa cinta abadi, seperti yang dialami Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Untuk mengunjungi wisata Situ Patenggang ini jaraknya hanya sekitar 35 km dari kota Bandung, dan akses ke tempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Biaya tiket masuk relatif terjangkau, yaitu Rp18.000 pada hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan untuk perorang, dengan tambahan biaya untuk parkir kendaraan. Selain itu, tersedia beberapa penginapan, termasuk kamar kecil, musala, dan fasilitas untuk menginap semalam.

BACA JUGA:Larangan yang Perlu Diketahui di Kawah Putih Ciwidey

3. Perkebunan Teh Rancabali

Destinasi wisata favorit di Ciwidey berikutnya adalah Perkebunan Teh Rancabali.

Jika kamu mencari pengalaman menikmati udara segar pegunungan dan melihat pemandangan luas kebun teh, Perkebunan Teh Rancabali bisa menjadi pilihan utama.

Perkebunan teh ini terletak di sepanjang jalan menuju Situ Patenggang, di mana kamu dapat menemukan keindahan perkebunan teh dan sebuah air terjun kecil di sekitarnya.

Dengan ketinggian 1.628 mdpl, suhu udara di Perkebunan Teh Rancabali terasa cukup menyejukan.

Berwisata disini tidak hanya untuk menikmati suasana sejuk, ketenangan pegunungan, atau melihat hijaunya perkebunan teh, namun disini juga memberikan opsi untuk menginap.

Di daerah ini, terdapat pabrik Orthodoks dan CTC yang mengolah teh dan kina.

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Sejarah di Kawah Putih Ciwidey

Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi pabrik teh di dekat perkebunan untuk melihat dan mempelajari proses pengolahan teh, dari menanam hingga akhirnya siap untuk diminum.

Untuk Tarif masuk ke destinasi wisata ini cukup terjangkau, yaitu hanya membayar Rp 5.000 saja.

4. Ranca Upas

Salah satu destinasi wisata favorit di Ciwidey adalah Ranca Upas, di mana kamu dapat melakukan kegiatan berkemah dan berinteraksi dengan rusa.

Ranca Upas ini terletak di Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Keindahan alam terbuka dan kolam air panas yang luar biasa menjadi daya tarik utama di lokasi ini, Ranca Upas terkenal dengan suasana alam yang asri, dihiasi oleh kehadiran rusa yang bebas berkeliaran di sekitarnya.
Selain dapat bermain dan memberi makan rusa, banyak yang memilih membuka tenda dan melakukan kegiatan berkemah di sini karena udaranya yang sejuk.

Ranca Upas memiliki beberapa lokasi camping dengan luas area mencapai 215 hektar, dan juga terdapat berbagai spot wisata lain, seperti outbound Tegal Kawani, restoran, kolam pemancingan, dan ATV.

Pengelola tempat wisata ini juga menyediakan tenda yang dapat disewa, serta fasilitas toilet dengan air panas dan dingin.

BACA JUGA:Tahun Depan, Jalan Akses Menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Bakal Dibangun

Bagi kamu yang ingin menikmati alam tanpa berkemah, tersedia juga opsi menyewa vila yang dilengkapi dengan 3 kamar, tungku, dapur, kamar mandi, dan air panas. Dengan Harga sewa vila adalah Rp800.000 per malam.

Pengunjung dapat menuju ke tempat wisata Ranca Upas ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk wisatawan lokal, biaya tiket masuk biasanya sekitar Rp22.000 per orang.

5. Pemandian Air Panas Ciwalini

Destinasi wisata Ciwidey yang dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Ciwalini terletak di wilayah perkebunan teh Walini.

Wisata ini letaknya berada di Jl. Raya Ciwidey - Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Di area ini, pengunjung akan menemukan dua kolam air panas dengan fasilitas yang berbeda, jika kamu ingin menikmati fasilitas kolam yang lebih eksklusif, disarankan untuk menyiapkan uang tambahan karena akan dikenakan biaya tiket tambahan.

Air panas di tempat ini berasal dari aliran mata air Gunung Patuha, sehingga kamu dapat menikmati relaksasi yang hangat dan tenang di kolam.

BACA JUGA:Bey Machmudin Ajak BPK Perkuat Kolaborasi Pengelolaan Keuangan Publik

Wisatawan juga dapat menikmati kecantikan kebun teh sambil menikmati minuman penyambutan berupa teh Walini, yang diproduksi oleh PT. Perkebunan Nusantara VII.

Pemandian ini juga menyediakan berbagai atraksi spot lain yang menarik, seperti ATV, Go-Kart, Flying Fox, Trampolin, dan Motorcross.

Biaya tiket masuk untuk menikmati fasilitas kolam ini adalah sebesar Rp 40.000 per orang, dan ini belum termasuk biaya untuk berbagai atraksi lainnya.

Itulah rekomendasi mengenai beberapa destinasi wisata favorit di Ciwidey yang cocok untuk kamu seorang travelers yang hobi berwisata.Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk kamu.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Ciwidey, kamu memiliki opsi moda transportasi yang bervariasi dengan harga yang terjangkau, termasuk tiket kereta, bus, hingga travel.

Destinasi wisata favorit di Ciwidey tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perjalanan sendiri, bersama teman, atau bersama keluarga.

Jadi, bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Ciwidey dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk mencatat jadwalnya agar persiapan liburan kamu dapat lebih matang.(Rayhan Syafaturrafi Agil)

BACA JUGA:Hasil Laga Grup B Piala Dunia U-17: Spanyol Cukur Kanada 2-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: