Hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon Lakukan Penanaman Mangrove di Desa Pabean Ilir

Hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon Lakukan Penanaman Mangrove di Desa Pabean Ilir

TANAM MANGROVE. PT Pelindo Regional 2 Cirebon mengggelar tanam mangrove di Desa Pabean Ilir Kabupaten Indramayu, Jumat pekan lalu.-Abdullah-radarcirebon.com

Peringati Hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon Lakukan Penanaman Mangrove di Desa Pabean llir lndramayu

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT Pelabuhan lndonesia (persero) Regional 2 Cirebon melakukan penanaman Pohon Mangrove di Desa Pabean llir, Kabupaten lndramayu, Jumat pelan lalu.

Acara ini dihadiri langsung oleh General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon Supardi, Kepala BPDAS Cimanuk, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah lX, Dinas Kelautan dan Perikanan sekaligus Dinas LH Kabupaten lndramayu, Ketua Kelompok Persada Mina Lestari, Kuwu Pabean llir serta para undangan terkait.

General Manager PT Pelindo Regional 2 Cirebon, Supardi menjelaskan, Program PT Pelabuhan lndonesia melaksanakan Penanaman pohon Mangrove merupakan bagian dari sistem pengelolaan Hutan Mangrove yang merupakan bagian integral dari pengelolaan kawasan pesisir secara terpadu yang ditempatkan pada kerangka Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai unit manajemen.

"Seiring berkembangnya zaman, serta banyaknya orang yang bermukim didaerah pesisir,  maka sebagian orang memanfaatkan lahan mangrove sebagai lahan pemukiman dengan cara menebang Hutan Mangrove dan juga mereka mengekploitasi secara besar-besaran sehingga Hutan Mangrove semakin berkurang," kata Supardo.

BACA JUGA:Pengantin Baru Kecelakaan Meninggal Dunia Pakai Mobil Avanza Putih, Baru Menikah 2 Minggu

BACA JUGA:Apa Hubungan Vina Cirebon dan Vina Garut? Simak!

Oleh karena itu, menurut Supardi,  perlu diadakan upaya perbaikan dan pemulihan atau rehabilitasi sehingga Mangrove yang ada sekarang tidak semakin berkurang demi masa depan generasi selanjutnya.

"Bertepatan dengan memperingati hari Penanaman Pohon di lndonesia, Pelindo Regional 2 Cirebon lakukan penanaman Mangrove," ujarnya.

Tentunya bisa memberikan banyak manfaat seperti dalam upaya mencegah abrasi, erosi, serta mengurangi dampak yang diakibatkan oleh Rob. Selain itu, juga bermanfaat sebagai habitat bagi perkembangan hewan laut seperti udang, kepiting, dan ikan, yang akhirnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir.

Supardi menegaskan, Mangrove merupakan habitat penting untuk ekosistem laut dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

BACA JUGA:Cerita Dea Eks Onlyfans Nyaris Bunuh Diri di Penjara, Bocah-bocah Kosong Langsung Syok

BACA JUGA:Dea Eks Onlyfans Datang ke Youtube Bocah-bocah Kosong, Begini Responnya Dengar Pertanyaan Polos Vior

Keberadaan mangrove juga tidak bisa dilepaskan dari mekanisme pertahanan alami dari abrasi atau gelombang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: