Dapat Menyembuhkan Penyakit, Berikut 5 Keutamaan yang Dimiliki Surah Al Fatihah

Dapat Menyembuhkan Penyakit, Berikut 5 Keutamaan yang Dimiliki Surah Al Fatihah

Dapat Menyembuhkan Penyakit, Berikut 5 Keutamaan yang Dimiliki Surah Al Fatihah-capture-Tafsir Al Qur'an

RADARCIREBON.COM - Al Fatihah atau yang artinya adalah "pembukaan" merupakan surah pertama dalam Al Qur'an yang turun secara lengkap. Surah ini dinamakan Ummul Qur'an (Induk Al-Quran) atau Ummul Kitab (Induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. 

Surah ini begitu penting hingga menjadi surah yang wajib dibaca saat menunaikan sholat. Dalam sehari saja, kita umat muslim sudah membacakan Al Fatihah sebanyak 17 kali bila menghitung sholat wajib saja.

Surah Al Fatihah

Surah ini termasuk dalam surah Makiyah karena diturunkan di kota Mekkah dan terdiri dari 7 ayat, termasuk kalimat "basmallah".

Al Fatihah adalah surah pertama dalam Alquran yang ternyata memiliki keutamaan dari isi kandungannya. Beberapa unsur pokok yang terdapat dalam surah Al Fatihah adalah inti dari Alquran.

BACA JUGA:Doa Khusus untuk Orang yang Sulit Meninggalkan Maksiat, Silakan Diamalkan

Ini meliputi tentang keimanan, hukum islam, dan kisah-kisah Islam lainya. Ada pula beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Alquran.

Seperti prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah SWT, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Keutamaan Al Fatihah

Begitu banyak keutamaan dari Ummul Quran ini, apa kalian penasaran? Kalau begitu kita simak saja selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:Perintah Allah untuk Memerangi Orang Tak Beriman, Ini Tafsiran Sebenarnya dari QS 9 ayat 29

1. Induknya Al Qur'an

Surah ini memiliki julukan Ummul Quran karena dalam surah ini terdapat tujuan-tujuan dari agama. Seperti yang tertuang dalam hadist Rasulullah berikut ini.

“Surah alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul quran, ummul kitab dan as sab’ul matsani,” (HR Tirmidzi).

2. Bisa menyembuhkan penyakit

Ini berbeda dengan doa yang dipakai dukun-dukun. Keutamaan yang dimiliki Al Fatihah yang lainnya adalah menjadi obat dari penyakit atau yang berarti as syifa.

BACA JUGA:Bawaslu akan Perkuat Sinkronisasi Data Pengawasan Pusat Hingga Daerah

Dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah’ karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik bin Umair mengatakan yang artinya:

"Surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah Al Fatihah."

Selain itu telah ditegaskan juga dalam firman Allah SWT bahwa Al Qur'an adalah obat dari segala penyakit.

"Wa nunazzilu minal-qur`āni mā huwa syifā`uw wa raḥmatul lil-mu`minīna wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā."

 BACA JUGA:Berikut Amalan Pelunas Hutang Syekh Ali Jaber, Insya Allah Terkabul

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian," (QS Al Isra’: 82).

3. Syarat sah sholat

Tidak sahnya sebuah sholat sebelum membacakan Al Fatihah.

Karena surah ini adalah salah satu rukun dari salat, sehingga tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al Fatihah. Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surah Al Fatihah," (HR Muslim).

BACA JUGA:Umar Patek Terdakwa Bom Bali Bebas saat Ada Aksi Bom Bunuh Diri, Begini Respons Australia

4. Surah yang mulia

Sebagaimana yang dalam tertuang dalam sebuah dalil bahwa Abu Sa’id bin Mu’alla berkata “Pada suatu hari, aku sedang salat di Masjid. Selesai salat, aku dipanggil Rasulullah SAW."

Kemudian Rasulullah SAW pun bersabda, "Aku akan mengajarkanmu sebuah surah yang teragung di dalam alquran sebelum engkau keluar dari masjid."

Aku bertanya, "Surah apakah itu wahai Rasulullah?"

BACA JUGA:Hidup Penuh Berkah, Kumpulan Doa Sehari Hari yang Mudah Dihapal

Dan Rasulullah menjawabnya:

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin adalah Umm Alquran, Umm al-Kitab, as-Sab’ul Matsani, Alquran al-‘Azhim, ash-Shalat, asy-Syifa dan ar-Ruqyah,” (HR. Tirmidzi).

5. Setiap bacaannya mengandung pahala

Keutamaan Al Fatihah yang paling dahsyat adalah serial huruf yang ada dalam surah ini mengandung pahala yang baik.

Seperti dalam kisahnya Ibu Abbas yang menceritakan Rasulullah sedang bersama Malaikat Jibril. Lalu malaikat Jibril tiba tiba mendengar suara yang keras dari atas.

Ia pun langsung mengarahkan pandangan ke atas. lalu ia berkata pada Rasulullah bahwa suara itu adalah pertanda dibukanya suatu pintu.

 BACA JUGA:Punya Banyak Keutamaan! Berikut Ini Bacaan Istighfar Lengkap Dengan Artinya

Pintu tersebut sebelumnya belum pernah sekalipun dibuka. Lalu malaikat Jibril pun berkata,

“Sampaikan kepada umatmu mengenai berita gembira dua cahaya ini, kedua cahaya itu diberikan kepadamu yang belum pernah sekalipun diberikan kepada nabi sebelummu. Yakni surah Al Fatihah dan beberapa ayat terakhir surah Al Baqarah. Tidaklah kamu baca satu huruf saja kecuali akan mendapat pahala dari-Nya,” (HR. Muslim).

Itulah tadi kedahsyatan yang dimiliki surah Al Fatihah. Masih banyak manfaat dan keutamaan yang akan kalian dapatkan bila membacakan surah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: