Dosen PBI IPB Cirebon Bekali Guru Pembelajaran Digital Kreatif

Dosen PBI IPB Cirebon Bekali Guru Pembelajaran Digital Kreatif

Dosen PBI IPB Cirebon Bekali Guru Pembelajaran Digital Kreatif-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini, Tim Dosen IPB Cirebon dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) memberikan pembekalan kepada guru di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Cirebon.

Salah satu Tim Dosen, Virga Putra Darma MPd mengatakan bahwa salah satu materi yang disampaikan adalah pembekalan ketrampilan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Kegiatan pembekalan tersebut diberikan kepada para guru di SMPN 3 Cirebon.

Dengan mengambil tema seperti itu, guru guru diharapkan ketika mengajar di kelas itu penuh dengan inovasi yang berbasis digital. Mulai dari games yang mengevaluasi pembelajaran di setiap akhir pembelajaran.

Selain materi yang berkaitan dengan pembelajaran di era digital, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan materi Penelitian Tindakan Kelas oleh Dosen IPB Cirebon lainnya, yakni Dr Ade Sastrawijaya MPd.

BACA JUGA:Salat Berjarak di Mahad Al Zaytun, Syekh Panji Gumilang: Saya Suka Jengkol yang Sana Sukai Petai

BACA JUGA:Dulu Gubuk Janda, Gedung Perundingan Linggarjati Berubah Jadi Hotel dan Tempat Bersejarah

Selain memberikan materi pengajaran, guru juga harus menciptakan suasana di kelas supaya tidak boring dan membuat anak anak merasa nyaman ketika melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu guru dituntut kreatif saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Virga menyebut, saat ini banyak sekali tersedia beragam produk teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh para guru saat memberikan pembelajaran di kelas. Mulai dari website, aplikasi atau media lainnya. Semuanya itu bisa dimanfaatkan sebagai variasi dalam proses pembelajaran.

"Dengan memanfaatkan media yang ada, katanya, para siswa bisa belajar dengan cara yang berbeda. Dan membuat mereka semakin semangat dan interaktif ketika belajar di kelas," ucapnya.

Virga berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi sekolah dan guru guru yang ada di Cirebon. Mengingat, tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kompetensi guru guru di era digital.

"Karena bagaimanapun, dengan adanya teknologi, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik dan positif. Termasuk untuk ranah pendidikan" Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Bambang: Cirebon Dukung Ganjar Pranowo Presiden RI

BACA JUGA:Disbudpar Gelar Seminar Tari Topeng, Pahamkan Generasi Muda Seni dan Budaya Daerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: