Berapa Gaji TKI di Brunei Darussalam, Begini Pengakuan Kasir Supermarket dari Indonesia

Berapa Gaji TKI di Brunei Darussalam, Begini Pengakuan Kasir Supermarket dari Indonesia

Berapa gaji TKI di Brunei Darussalam diungkap oleh seorang pekerja migran asal Indonesia yang menjadi kasir supermarket.-Kang Adink/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – Berapa gaji TKI di Brunei Darussalam? Simak pengakuan dari tenaga kerja Indonesia yang bekerja sebagai kasir salah satu supermarket di sana.

Brunei Darussalam adalah salah satu negara paling makmur di Asia Tenggara. Produk domestik bruto (PDB) Brunei Darussalam mencapai USD 14,01 miliar pada tahun 2021. 

Namun jumlah penduduk dari Brunei Darussalam hanya 445.373 berdasarkan sensus pada tahun 2021.

Oleh karena itu, banyak TKI dari Indonesia yang ingin bekerja di Brunei Darussalam karena meyakini gaji yang diterima akan sangat layak.

BACA JUGA:Bobby Nasution Jadi Jurkam Ganjar-Mahfud, Tapi Dukung Prabowo-Gibran

Pasalnya, negara ini sangat makmur karena memiliki kekayaan alam yang bersumber dari minyak mentah dan gas alam.

Meski luas negaranya hanya 5.765 km atau kurang lebih 2 kali lipat besar Kabupaten Indramayu, tetapi cadangan gas-nya nomor 9 terbesar di dunia.

Hal tersebut merujuk pada data cadangan Liquefied Natural Gas (LNG) dari ASEAN Climate Change and Energy Projet.

Pengakuan dari salah seorang tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia kepada content creator Kang Adink yang tinggal sebagai koki di Brunei Darussalam, barangkali bisa menjadi gambaran.

BACA JUGA:Kemenkes: 86 Persen Penularan Cacar Monyet Lewat Kontak Seksual Sesama Jenis

Pekerja Migran Indonesia (PMI) tersebut mengaku baru tinggal dan bekerja selama 7 bulan di Brunei Darussalam. Dia bekerja di salah satu supermarket sebagai kasir. 

“Saya baru ke Brunei Darussalam. Ikut agency dan tau dari tetangga, jadi kalau mau berangkat pakai agency resmi yang terdaftar di pemerintah,” ungkapnya.

Dia mengaku sangat bersyukur bisa bekerja di Brunei Darussalam. Sebab, penghasilan sebagai kasir super market saja, sekitar 500-600 Dollar Brunei.

“Alhamdulillah dapat 500 plus di sini,” kata perempuan berhijab yang enggan mengungkap detil penghasilannya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: