Tinggal Menunggu, Sebentar Lagi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Diumumkan

Tinggal Menunggu, Sebentar Lagi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Diumumkan

Brigadir J atau Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat-Palpos--

Radarcirebon.id, JAKARTA - Tersangka dalam kasus kematian Brigadir J di kediaman Kadiv Propam nonaktif, Irjen Fredi Fredi Sambo, akan  Mabes Polri segera mengumumkan.

Dalam waktu dekat, Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan meyakini, nama tersangka akan diumumkan.

Dr Edi dalam keterangan tertulis, "Tanpa bermaksud mendahului penyidik, sebentar lagi bakal ada tersangka dalam kasus penembakan ini," katanya di Jakarta, Jumat 23 Juli 2022. Edi menilai, ada perkembangan besar dalam penanganan kasus ini sehingga perkara telah masuk ke tahap penyidikan.

"Semoga penyidik Polri akan mengumumkan segera siapa tersangkanya," kata pengajar Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

BACA JUGA:Glock 17 Disebut Milik Bharada E, Irjen Napoleon Bicara Tegas: Ada Pangkat

Dalam tahap penyidikan, kata dia, polisi sebenarnya sudah memiliki bukti-bukti yang cukup, memiliki saksi dan sudah menemukan adanya unsur pidana.

"Apalagi dengan penemuan CCTV kemarin yang membuat kasus ini menjadi terang-benderang," katanya.

Gambar CCTV yang disita tentu akan memberikan gambaran seutuhnya.

"Apa yang terjadi, dimana dan bagaimana kejadiannya dan siapa saja yang berperan," katanya.

BACA JUGA:Pelaku yang Melepas CCTV Rumah Ferdy Sambo Terungkap, Ternyata Orang Suruhan

Dia mengatakan hasil otopsi ulang juga akan membuat kasus ini makin jelas.

Edi menilai perkembangan penanganan perkara kasus penembakan ini membuktikan bahwa tim khusus Polri bekerja objektif, maksimal dan profesional.

Tim khusus Polri, kata dia, sudah menjalankan tahapan demi tahapan dalam proses hukum hingga pada akhirnya akan menetapkan tersangka.

Kasus penembakan Brigadir J pada Jumat, 8 Juli membuat kecurigaan publik sehingga Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk menginvestigasi yang dipimpin oleh Inspektur Pengawasan Umum Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

BACA JUGA:Cirebon Ekspor Ikan Lele Beku ke Korea Selatan

Kapolri telah menonaktifkan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Kepala Biro Pengamanan Internal (Paminal) Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan Kapolres Jaksel Kombes Pol Budhi Herdi.

Polri juga telah menyetujui otopsi ulang jenazah Brigadir J yang dimakamkan di Jambi dengan melibatkan tim dokter dari luar Kepolisian.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, bukti CCTV di lokasi tewasnya Brigadir J telah ditemukan.  

Bukti itu nanti akan mengungkapkan secara jelas kasus yang diklaim baku tembak antarasesama Polisi itu.

BACA JUGA:Pengacara Klaim Sudah Ada yang Ngaku Bunuh Brigadir J, Inisialnya Masih...

“Kami sudah menemukan CCTV yang bisa mengungkap secara jelas tentang konstruksi kasus ini,” kata Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu malam 20 Juli 2022.

Dedi mengatakan saat ini CCTV tersebut sedang didalami Tim Khusus (Timsus) di Laboratorium Forensik agar bisa mengungkap kronologi yang sebenarnya.

Temuan ini nantinya akan dibuka apabila seluruh rangkaian proses penyidikan dilakukan Timsus selesai.

"Jadi tidak sepotong-potong, termasuk akan disampaikan secara komprehensif apa yang telah dicapai Timsus yang dibentuk Bapak Kapolri,” ujar Dedi.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Cipali, Warga Ciwaringin Tertabrak, Kang Dedi Geram Ambulans Bablas

Dedi tidak merinci di lokasi mana saja CCTV tersebut ditemukan, dan berapa jumlahnya, termasuk apakah temuan CCTV ini akan mengungkap kejadian Brigadir J masuk ke kamar istri Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo saat kejadian penembakan terjadi Jumat 8 Juli 2022.

"Jangan terlalu detail, kalau detail itu masuk materi penyidikan. Itu nanti akan dibuka di pengadilan, karena bukti itu harus diuji dan dipertanggungjawabkan penyidik di hadapan hakim,” kata Dedi.

Bareskrim Polri telah menaikkan kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dari penyelidikan ke penyidikan pada Jumat 22 Juli 2022.

Sebanyak delapan penyidik dari Mabes Polri juga telah diturunkan untuk menggali keterangan dari keluarga Brigadir J. Sejak kemarin, sudah 11 orang pihak keluarga Brigadir J yang diperiksa penyidik.

Artikel ini sudah tayang di fin.co.id dengan judul: "Sebentar Lagi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Diumumkan"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: