Untung Rugi Produksi Wood Pellet, Cara yang Harus Ditempuh Biar Hasil Maksimal

Untung Rugi Produksi Wood Pellet, Cara yang Harus Ditempuh Biar Hasil Maksimal

Simak untung rugi usaha wood pelet atau pelet kayu.-Dokumen-radarcirebon.com

BACA JUGA:Wood Pellet Kucing, Gunanya untuk Apa? Ternyata Bisa Buat Si Meong Jadi Begini

Keunggulan lain dari wood pellet adalah harganya yang terjangkau. Apabila dibandingkan dengan gas LPG harganya juga lebih rendah dengan kualitas yang lebih unggul. 

Penggunaannya pun juga hampir sama dengan kayu bakar. Saat Anda mematikannya maka, Anda juga bisa menghidupkannya kembali saat membutuhkan.

Di Indonesia sendiri, terdapat potensi yang tinggi dalam menghasilkan wood pellet tersebut. Tidak hanya bisa kita manfaatkan sendiri, tetapi juga bisa di ekspor ke luar negeri. 

Apalagi bahan baku wood pellet gampang dicari di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang mana letaknya berada di garis khatulistiwa, segala macam tumbuhan akan hidup. Sinar matahari juga menjadi syarat utama tumbuhnya pepohonan sepanjang tahun.

BACA JUGA:Wood Pellet, Sumber Energi yang Murah, Ramah Lingkungan dan Banyak Manfaat, Bisa Dipakai PLTU hingga UMKM

Walaupun memiliki potensi tinggi penghasil wood pellet namun, penggunaannya sendiri di Indonesia belum begitu banyak.

Keuntungan lain yang bakal didapatkan saat menggunakan pelet kayu tersebut adalah sehat dan nyaman. Sehat karena dapat mengurangi CO2, sedangkan nyaman sendiri beralasan tidak terdapat asap ketika menggunakannya. Selain itu aman karena tidak memiliki resiko meledak dalam pemakaiannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang seperti apa peluang dari wood pellet tersebut, ternyata kayu terbaik untuk membuat pelet kayu tersebut adalah Kaliandra Merah. 

Kayu Kaliandra tersebut tidak hanya cocok untuk membuat pelet tetapi bagi para peternak daun tersebut mempunyai protein yang tinggi, bunganya juga bisa menjadi bahan ladang ternak lebah.

BACA JUGA:BYE BYE PERTALITE! Ini 3 Produk BBM Baru dari Pertamina, Dicampur Etanol Oktan Melonjak Jadi 92 dan 95

Keuntungan 1 ton pellet setara dengan 120 gallon minyak tanah, 16,000 ft3 gas alam, 170 gallons propana dan 4,775 kwh. Di samping itu 2.1 kg pelet kayu sama dengan 1 liter minyak tanah = 10 kwh. 

Terbuat dari bahan berupa kayu yang bisa menjadi bahan bakar premium. Pemanfaatannya juga beragam dari untuk menghangatkan sampai pada boiler industri. 

Setelah mengetahui keunggulan dari wood pellet, apakah Anda masih ragu untuk menggunakannya? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: