Gejala Gagal Ginjal Akut, Bunda Harus Tau, Perhatikan Urine Anak

Gejala Gagal Ginjal Akut, Bunda Harus Tau, Perhatikan Urine Anak

Gejala gagal ginjal akut yang harus diketahui oleh orang tua.-Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

Sedangkan gagal ginjal akut biasanya timbul beberapa gejala khas saja. Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) bisa dilihat dari dua hal, yakni produksi urine yang dihasilkan tiap hari dan kadar kreatinin.

"Orang yang dengan atau tanpa penyakit ginjal, urine akan terganggu jika mengalami sakit, untuk itu harus dilakukan cek laboratorium kadar kreatinin," ungkapnya.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Alam Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi untuk Healing

BACA JUGA:Aturan Baru Rekrutmen PPPK untuk Jabatan Fungsional, Silahkan Simak!

Beberapa teridentifikasi anak-anak yang mengalami gagal ginjal akut biasanya mengalami infeksi baik saluran pernafasan maupun penceraan. Jika infeksi saluran pernafasan biasanya ditandai dengan flu, demam, batuk, dan pilek.

Kemudian jika infeksi saluran pencernaan ditandai dengan demam, nyeri perut, mual, dan muntah. Terakhir teridentifikasi anak yang mengalami gagal ginjal karena obat dengan cemaran etilen glikol dan dietilen glikol.

Lanjutnya, di masa post pandemi seperti saat ini orangtua harus lebih waspada. Perubahan iklim sangat berpengaruh pada kesehatan dan ketahanan tubuh. Saat anak sakit, misalnya demam jangan langsung mencari obat.

Namun mulailah dengan mengompresnya dengan air hangat lalu perbaiki asupan cairannya jika demam masih tetap naik hingga 38 derajat barulah beri obat.

BACA JUGA:Jumah Korban Luka Longsor Cadas Pangeran, Berasal dari Tegal dan Bandung

BACA JUGA:Menjadi Perhatian Publik, Inilah Pendapat Ustadz Adi Hidayat Soal Wahabi

"Perhatikan juga urine anak, jika tidak keluar urine sama sekali selama 6-8 jam atau keluar urine kurang dari setengah hingga 1 cc dalam kurun waktu 6-12 jam maka dapat dicurigai gejala ini mengarah pada gagal ginjal akut," tuturnya.

Masyarakat harus tetap waspada dan mengakses pemberitaan dari sumber yang terpercaya dan memiliki kapabilitas untuk menyampaikan hal tersebut. Selalu saring informasi yang didapat.

Di samping itu, pemerintah dan IDI juga masih terus memberikan edukasi dan pemahaman akan gejala gagal ginjal akut yang terjadi saat ini. "Pahami gejalanya, tetap waspada, jangan panik," tukasnya.

Demikian gejala gagal ginjal akut pada anak yang harus diketahui oleh orang tua, sehingga bisa menangani dengan tepat dan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: